Firmino Dianggap akan Lebih Cocok untuk Chelsea Ketimbang Higuain

 BeritaSbobetBola.Com – gelandang Chelsea Ruud Gullit menganggap Roberto Firmino lebih cocok untuk The Blues ketimbang Gonzalo Higuain.

Maurizio Sarri tak kunjung bisa membuat performa Alvaro Morata ataupun Olivier Giroud membaik. Alhasil ia pun terpaksa harus mencari striker anyar.

Pada akhirnya, ia mendapatkan Higuain. Ia dicomot dari Juventus dengan status pinjaman.

Di sisi lain, Morata pun terdepak dari Stamford Bridge. Ia sedikit lagi akan resmi hijrah ke Atletico Madrid, juga dengan status pinjaman.

Tidak Cocok

Pembelian Higuain ini menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang meyakini pemain asal Argentina itu bisa membuat lini serang The Blues menjadi tajam lagi, karena ia sudah sangat mengenal Sarri, yang sebelumnya menjadi pelatihnya di Napoli.

Gullit termasuk pihak yang kontra dengan perekrutan Higuain. Pasalnya, ia menilai striker 31 tahun itu tak cocok dengan skema Sarri.

“Higuain adalah striker kuno yang membutuhkan umpan silang dan, jika ia bermain di depan sepanjang waktu, ia tidak akan melihat banyak bola di sana karena cara Eden Hazard dan Willian bermain,” cetusnya pada BBC Sport.

“Keduanya selalu masuk [kotak penalti], menggiring bola atau menembak, dan mencoba melakukan banyak hal sendirian,” sambung Gullit.

Firmino Lebih Pantas

Menurut Gullit, Chelsea membutuhkan tipe penyerang yang tak hanya diam saja di depan. Striker yang cocok dengan gaya main Sarri adalah yang mau turun hingga ke lapangan tengah.

Ia pun menyebut nama penyerang serbabisa Liverpool, Firmino. Pemain asal Brasil itu sendiri memang hampir selalu tak bisa diam di atas lapangan dan kerap turun jauh hingga ke lini belakang untuk membantu timnya bertahan.

“Jadi mereka tidak membutuhkan pemain di sana yang merupakan target man, karena Chelsea tidak menggunakan pemain dengan tipe seperti itu dan, di bawah [Maurizio] Sarri, mereka tidak pernah melakukannya,” tegasnya.

“Sebaliknya mereka membutuhkan penyerang tengah yang bisa bermain di lini tengah juga, dan efektif pada bola serta menjadi finisher di dalam kotak penalti. Roberto Firmino, yang turun begitu dalam untuk Liverpool, adalah contoh sempurna,” tuturnya.